Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Takut Berkarya Selagi Muda

Jangan Takut Berkarya Selagi Muda

Generasi Milenial hari ini berada pada usia ‘muda’ yang managairah untuk berkarya sedang tinggi-tingginya, selain itu Generasi Milenialjuga memiliki keragaman dalam keinginan berkarya, tidak lagi terpaku keinginanatau cita-cita yang itu-itu saja.

Masih ingat semasa kecil dulu ketika ditanya cita-citamenjawab apa? Mungkin ada yang menjawab jadi dokter, pilot, polisi dan jawabanprofesi lain yang hampir setiap dari kita ditanya kala itu akan menjawab sama.

Ketika memasuki usia remaja, cita-cita mulai berubah; ingin jadi musisi, seniman, penulis, chef, fotografer atau yang lain, apa pun keinginannya enggak ada yang melarang. Rumusnya sederhana “Asal ada kemauan dan ide pasti bisa jalan.”

Kini profesi kian beragam, pekerjaan yang dulu bahkannamanya saja kita tidak pernah mendengar kini ada dan menjanjikan. Hobi yangdulu dianggap tidak dapat menjadi jaminan dalam hidup, kini banyak hobi yangsudah layaknya pekerjaan.

Bagi kamu, generasi milenial, generasi muda yang penuhsemangat dalam berkarya, jangan takut! Wujudkan apa yang ingin kamu perbuat,dapatkan ide, tekuni dan jalani, dan wujudkan idemu sampai jadi. Biar lebihmudah berikut tipsnya;

1. Catat Ide yang Muncul Kapan pun di mana pun

Kadang ketika sedang pulang dari kantor atau dari kampustiba-tiba ada dide yang nongkrong di kepala kita, kalau memang itu yang sedangkamu cari, maka cari tempat menepi dan catat ide yang sedang bergelantungan dikepala. Sebab, jika menunggu nanti bisa saja sudah lupa seperti apa detailnya.

Ide itu bisa datang kapan saja dan di mana saja, kadang ideyang sederhana yang kita abaikan menjadi sesuatu yang besar dan menuaikesuksesan bagi orang lain. Karenanya dalam berkarya, cobalah untukmemfasilitasi kedatangan ide dengan meluangkan sedikit waktu agar segeramenangkapnya.

Buat kamu yang sudah bekerja, terutama di bidang kreatifsering kali suasana kantor atau tempat kerja sangat sulit untuk menarik ide,sudah terlalu suntuk dan ada banyak hal lain yang mengganggu fokus. Sehinggasering kali demi menunjang pekerjaan, ide justru datang ketika di jam rehatmakan siang, atau ketika nongkrong di kedai kopi sepulang kerja. Percayalah,ketika ide datang segera mencatat sampai ke detailnya.

2. Ambil Peluang Jangan Hanya Dipikirkan

Ketika ide sudah di dapat, maka segera ambil dan jadikanpeluang, jangan hanya dipikirkan. Bukan berarti hanya asal jalan, asal tabrak,asal diaplikasikan saja, tentu ada pemikiran, ada pertimbangan sebelumnyatentang suatu ide, tetapi mikirnya jangan lama-lama.

Banyak yang terjebak dalam urusan mikirin ini itu, takutgagal, takut kalau ini, takut kalau begitu. Tapi tidak memikirkan apa yangharus dilakukan, bagaimana jika gagal nanti jawabannya ya harus punya jalankeluar biar tidak gagal, atau meminimalisir kegagalan. Bukan malah jadi takutdan hanya dipikirin aja,  idenya mentoknggak pernah jadi dijalankan.

Karenanya penting untuk memiliki kemampuan mengambil peluang secara cepat, ketika ide datang, di kupas, dibuat detailnya, di rinci sebaikmungkin, lalu buat runtutan apa yang mau dikerjakan, setelah itu langsungeksekusi jangan kelamaan mikirnya, keburu orang lain yang eksekusi.

3. Semua Butuh Usaha Agar Terlaksana

Tidak mudah mendapatkan sebuah ide, kadang perlu begitukeras sampai ide datang di kepalamu, karenanya ide begitu berharga bagi kamuyang memang memiliki keinginan dalam mewujudkannya, tanpa adanya kemampuanmewujudkannya maka ide akan menguap begitu saja.

Usaha mewujudkan ide, mewujudkan impian, adalah wajibhukumnya. Kalau kamu punya cita-cita menjadi penulis misalnya, maka setidaknyakamu harus punya target punya ide yang mewujud dalam sebuah tulisan, minimaltulisanmu lolos untuk naik  di mediamassa, juga dapat menerbitkan buku baik dengan cara mayor atau indie.

Semua butuh usaha agar terlaksana, sehingga setiap ide,setiap cita-cita, harus ada upaya dan usaha yang jelas, yang terus menerusdiperjuangkan dilaksanakan, sampai ide dan cita-cita kamu menjadi kenyataan.

Posting Komentar untuk "Jangan Takut Berkarya Selagi Muda"