Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Produk Asuransi Kesehatan Indonesia

Cara Memilih Poduk Asuransi

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata asuransi? Apakah yang muncul adalah ketakutan? Atau kamu adalah bagian dari orang yang sudah sadar asuransi? Bagaimana cara memilih produk asuransi kesehatan di Indonesia? Apakah kita memerlukan produk asuransi kesehatan?

Kesehatan menjadi bagian paling penting dalam kehidupan ini. Ketika kamu sehat, maka kamu akan dapat melakukan apa saja dengan nyaman, tanpa gangguan. Ketika kesehatan bermasalah, maka segala yang kamu miliki pun tidak lagi berarti. Karena yang kamu butuhkan ternyata jiwa dan tubuh yang sehat. Itu mengapa penting untuk menjaga kesehatan.

Saatnya menjadi generasi milenial yang sadar dengan pentingnya kesehatan dan juga perencanaan keuangan yang baik. Yuk belajar memilih asuransi kesehatan berikut ini:

Apa itu Asuransi?

Sebelum memilih produk asuransi kesehatan di Indonesia, ada pentingnya kita memahami terlebih dahulu apa itu asuransi. Jangan sampai membeli kucing dalam karung. Mengikuti tren, atau untuk gaya-gayaan, karena asuransi tentu saja bukan demikian tujuan atau kegunaannya.

Apa itu asuransi? Asuransi adalah pertanggungan atau suatu perjanjian antara dua belah pihak, yaitu tertanggung dan penanggung, di mana pihak tertanggung/pembayar premi berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi kepada pihak yang lain penanggung.

Ketika tertanggung telah membayar premi, lantas apa yang akan di dapatkan oleh tertanggung? Bisa bermacam sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. Penanggung akan memberikan penggantian dari risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga.

Memilih Produk Asuransi Kesehatan Indonesia


Ilustrasi Asuransi Kesehatan: Karolina Grabowska

Asuransi Kesehatan Adalah?

Pengertian asuransi kesehatan, mengutip dari Investopedia (2019), asuransi kesehatan adalah jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah, ataupun terkait biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi.

Berdasarkan pengertian tersebut maka Asuransi kesehatan dapat diartikan sebagai jenis produk asuransi yang khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan dari tertanggung atau anggota asuransi. Atau dengan kata lain menanggung biaya ketika ada masalah kesehatan sesuai perjanjian di dalam polis asuransi.

Memilih Produk Asuransi Kesehatan Indonesia: Berikut adalah beberapa Perusahaan Asuransi yang menyediakan produk Asuransi Kesehatan di Indonesia. Daftar ini disusun bukan berdasarkan peringkat. Namun sebagai lis daftar untuk informasi semata:

1. Produk Asuransi Kesehatan Prudential

Prudential Indonesia merupakan perusahaan asuransi yang berdiri sejak 1995. Sebagai bagian dari Prudential Inc., grup perusahaan yang bergerak dalam jasa keuangan di Inggris. Produknya mulai dari investasi, asuransi, campuran keduanya, baik konvensional maupun syariah.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan Prudential:

PRUCritical Hospital Cover: Jika kamu mencari asuransi dengan perlindungan komprehensif atas kondisi kritis sejak evakuasi medis hingga pemulihan, pilih PRUCritical Hospital Cover.

Kondisi kritis yang masuk perlindungan antara lain serangan jantung, gagal ginjal, kanker, serta pemantauan kesehatan hingga lima tahun dan jaringan rumah sakit luas ke seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat.

PRUPrime Healthcare: Asuransi yang memberikan perlindungan komprehensif berupa pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit, baik biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, jangkauan pelayanan hingga ke Malaysia dan Singapura, serta fasilitas cashless. Sehingga kamu tak perlu repot memikirkan biayanya, cukup memikirkan kondisi kesehatan.

PRUHospital & Surgical Cover Plus: Ini adalah asuransi yang fokus pada rawat inap. Dengan sistem cashless, asuransi memberikan manfaat penggantian seluruh biaya rawat inap, Intensive Care Unit (ICU), dan pembedahan sesuai dengan plan yang diambil, selama Tertanggung menjalani perawatan di rumah sakit atau klinik paling sedikit selama enam jam.

PRUMed Cover: memberikan manfaat tunjangan harian rawat inap, ICU, dan pembedahan jika menjalani rawat inap di rumah sakit. Selain itu, asuransi juga akan memberikan manfaat dua kali lipat, bila Nasabah mengalami kecelakaan di Luar Negeri dan harus menginap di rumah sakit.

PRUPrime Healthcare Plus: manfaat yang diberikan PRUPrime Healthcare Plus sama seperti PRUPrime Healthcare. Namun nilai plus-nya adalah jangkauan perlindungan hingga ke seluruh dunia dan fleksibilitas dalam memilih tipe kamar serta area perlindungan sesuai kebutuhan.

Semua Asuransi Kesehatan di atas adalah Asuransi Tambahan (Riders). Untuk memiliki Riders tersebut, kamu harus memiliki Polis dasar, yaitu PRULink Generasi Baru.  Serlengkapnya silakan menuju: Asuransi Kesehatan Prudential 

2. Asuransi Kesehatan Manulife

Asuransi Kesehatan Manulife: Manulife memiliki visi dan misi untuk membantu mewujudkan impian dan aspirasi nasabahnya agar mereka dapat hidup dengan rasa percaya diri.

Dengan visi dan misi yang berpusat pada nasabahnya ini, Manulife terus memberikan berbagai inovasi produk asuransi umum dan asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan untuk perlindungan jangka panjang.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan Manulife

MiUltimate HealthCare (MiUHC): adalah sebuah produk asuransi kesehatan dasar dari Manulife Indonesia yang memberikan berbagai manfaat penggantian dan ganti rugi biaya rawat inap di berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia sampai dengan usia 80 tahun yang disesuaikan dengan tagihan kesehatan yang tercantum di rumah sakit.  Manfaat-manfaat yang diberikan antara lain adalah rawat jalan, rawat gigi, dan persalinan.

ProHealth (PH): Asuransi kesehatan ProHealth adalah sebuah produk asuransi kesehatan perorangan yang memberikan perlindungan secara komprehensif. Pemberian manfaat asuransi kesehatan ini meliputi berbagai biaya medis sampai usia Kamu mencapai 99 tahun.

Manfaat biaya perawatan atau pengobatan ini diberikan melalui sistem reimburstment. Biaya-biaya perawatan ini meliputi biaya dokter, laboratorium, pengobatan, dan biaya-biaya rawat inap lainnya.

Asuransi Kesehatan Manulife juga menyediakan berbagai macam program asuransi kesehatan tambahan sebagai berikut:

Manulife Crisis Cover: Manulife Crisis Cover adalah asuransi kesehatan tambahan yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko penyakit kritis hingga tertanggung mencapai usia 70 tahun.

HealthSafe(HS): Asuransi kesehatan tambahan yang memberikan penggantian biaya perawatan rumah sakit akibat terkena penyakit atau kecelakaan.

Manulife Crisis Cover Protection: Manulife Crisis Cover Protection adalah sebuah asuransi kesehatan tambahan yang memberikan santunan ketika pihak tertanggung terdiagnosis menderita salah satu dari 50 penyakit kritis hingga tertanggung mencapai usia 75 tahun.

Hospital Benefit Plus: Hospital Benefit Plus adalah asuransi kesehatan tambahan yang memberikan program perlindungan kesehatan atau penggantian biaya perawatan rumah sakit dengan harga premi yang terjangkau.

Informasi selengkapnya produk asuransi kesehatan Manulife silakan menuju website resmi di: Produk Asuransi Kesehatan Manulife

3. Produk Asuransi Kesehatan Allianz

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan Allianz

SmartMed Premier: adalah asuransi kesehatan yang dapat digunakan secara perorangan dan keluarga.

Sebagai asuransi kesehatan individu dan keluarga, SmartMed Premier menjangkau wilayah di seluruh dunia serta memberikan proteksi secara komprehensif saat Kamu atau keluarga sakit.

Asuransi kesehatan SmartMed Premier menyediakan Manfaat Dasar Rawat Inap dan Manfaat Tambahan seperti Persalinan, Rawat Jalan, dan Rawat Gigi serta memiliki manfaat spesial yaitu penggantian biaya Kemoterapi, Hemodialisis, HIV/AIDS, biaya pemakaman dan evakuasi darurat serta pemulangan jenazah.

Smartmed Cancer: merupakan asuransi kesehatan rider pertama di Indonesia khusus untuk perlindungan atas risiko kanker.

Perlindungan  menyeluruh atas risiko kanker. Keamanan finansial karena manfaat dapat digunakan untuk mengganti pengeluaran biaya medis. Menjamin pengobatan tradisional, konseling psikologis, konsultasi ahli diet, konsultasi rawat jalan lanjutan, serta pemeriksaan diagnostik setelah didapati gejala kanker.

SmartHealth Maxi Violet: merupakan asuransi kesehatan yang dapat digunakan secara perorangan dan keluarga.

Sebagai produk asuransi kesehatan, SmartHealth Maxi Violet memberikan penggantian biaya perawatan apabila pemegang polis atau keluarga menderita suatu penyakit atau mengalami kecelakaan disertai variasi Plan yang terjangkau.

SmartHealth Maxi Violet memiliki Manfaat Dasar Rawat Inap dan Manfaat Tambahan yaitu Rawat Jalan, Rawat Gigi, dan Persalinan.

AlliSya Care: merupakan produk asuransi kesehatan dari Allianz yang dikelola secara syariah di mana peserta saling tolong-menolong dengan peserta lainnya melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

AlliSya Care dapat digunakan sebagai asuransi kesehatan perorangan atau keluarga dengan berbagai pilihan Plan yang mengerti kebutuhan setiap pemegang polis.

Informasi selengkapnya produk asuransi kesehatan Allianz silakan menuju website resmi di: Asuransi Kesehatan Allianz

4. Asuransi Kesehatan Sinarmas

PT. Asuransi Sinarmas menjadi salah satu perusahaan asuransi umum dan asuransi kesehatan terbesar di Indonesia. ASM membuktikan pertumbuhan dan inovasi produk secara berkala yang ditandai dengan Premi bruto dan total aset Perusahaan secara yang meningkat secara konsisten dari tahun ke tahun.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan Sinarmas

Asuransi Kesehatan Simas Sehat Income: adalah sebuah jenis produk asuransi kesehatan dari Sinarmas untuk memberikan santunan jika Kamu menjalani perawatan rawat inap di sebuah rumah sakit akibat risiko sakit, kecelakaan ataupun pembedahan.

Asuransi Kesehatan Simas Sehat Gold: adalah sebuah produk asuransi kesehatan dari Sinarmas untuk memberikan perlindungan dan menanggung risiko finansial yang timbul akibat sakit, pembedahan, dan kecelakaan. Produk asuransi kesehatan ini memberikan ganti rugi terhadap biaya rawat inap di berbagai rumah sakit rekanan pilihan terbaik di Indonesia.

Asuransi Kesehatan Simas Sehat Platinum: adalah sebuah jenis asuransi kesehatan hasil kerja sama dari Sinarmas, CEGA dan IPH London untuk memberikan jaminan kesehatan kepada Kamu dan keluarga Kamu sampai dengan usia 99 tahun.

Produk asuransi kesehatan perusahaan: Produk asuransi kesehatan yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan dan ganti rugi kesehatan untuk karyawan yang terdiri dari jaminan rawat inap, rawat jalan, melahirkan, rawat gigi, dan kacamata. Asuransi kesehatan ini juga disebut sebagai Simas Sehat Corporate.

Asuransi Simas Sehat Corporate ini juga bertindak sebagai administrator atau ASO (Administrative Service Only), dimana dengan sistem ini bisa dikombinasikan dengan jaminan asuransi kesehatan rawat inap. Jenis asuransi ini memberikan solusi ganti rugi bagi karyawan perusahaan dengan pengelolaan yang profesional.

Informasi selengkapnya produk asuransi kesehatan Sinarmas silakan menuju website resmi di: Produk Asuransi Kesehatan Sinarmas

5. Produk Asuransi Kesehatan AIA

AIA merupakan anak dari perusahaan AIA Group yang menawarkan berbagi macam produk asuransi. AIA berkomitmen memberikan produk asuransi kesehatan terbaik.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kesehatan AIA

AIA All in One: adalah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan yang lengkap terhadap kamu dan keluarga agar terhindar dari ganti rugi biaya pengobatan yang disebabkan oleh penyakit kritis, cacat tetap, atau meninggal. Sampai usia 99 tahun.

AIA Premier Hospital & Surgical: adalah asuransi kesehatan dari AIA yang memberikan manfaat perlindungan medis yang sesuai dengan standar internasional dan menyeluruh untuk memberikan ganti rugi biaya perawatan rawat inap atau perawatan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh risiko penyakit atau kecelakaan untuk Kamu dan keluarga Kamu sampai dengan umur 80 tahun.

AIA Premier Hospital & Surgical Plus: adalah asuransi kesehatan individu dan keluarga yang memberikan proteksi terhadap risiko kesehatan. Jenis proteksi yang diberikan berupa manfaat pembiayaan berstandar internasional yang lengkap untuk ganti rugi biaya perawatan kesehatan di rumah sakit berdasarkan area perlindungan yang berlaku di seluruh dunia. Sampai usia 88 tahun.

AIA Priority Plus Assurance: adalah asuransi kesehatan unit-link yang memberikan perlindungan kesehatan dan manfaat investasi untuk jangka panjang bagi nasabah. Asuransi kesehatan ini memberikan kombinasi terbaik antara manfaat kesehatan dan investasi dengan potensi peningkatan nilai tunai polis secara berkala. Sampai usia 99 tahun.

AIA Hospital & Surgical Plus: adalah produk asuransi kesehatan dari AIA yang memberikan perlindungan kesehatan terhadap kamu dan keluarga secara komprehensif dalam bentuk pemberian ganti rugi terhadap biaya perawatan rawat inap di rumah sakit akibat risiko penyakit atau kecelakaan sampai usia 80 tahun.

AIA Infinite Plus Assurance: adalah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kesehatan dan jiwa serta memberikan nilai investasi secara berkala. Nilai investasi ini ditentukan dari nilai tunai pada polis yang memiliki potensi untuk meningkat setiap tahunnya. usia 99 tahun.

Informasi selengkapnya di: Asuransi Kesehatan AIA

Kesimpulan

Tidak ada salahnya kamu memilih satu di antara daftar produk asuransi di atas. Ingat kesehatan merupakan hal termahal. Saat kamu sedang baik, sedang sehat, kamu tidak menyadari.

Kesehatan akan begitu mahal harganya ketika kamu sakit. Semua orang tidak ada yang ingin sakit. Maka, untuk mengantisipasi ketika masalah kesehatan datang, bersiap dengan asuransi kesehatan.

Kamu tentu bisa lebih detail dengan menanyakan kepada agen asuransi dari setiap perusahaan. Ingat, yang terpenting harus sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai salah pilih ya.

Posting Komentar untuk "Memilih Produk Asuransi Kesehatan Indonesia"