Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Keuangan Milenial Biar Nggak Bokek Lagi

3 Tips Keuangan Milenial Biar Nggak Bokek Lagi

Hai kamu, aku mau kasih Tips Keuangan Milenial nih. Sebelum itu pernah tidak kamu melakukan pencatatan keuangan kamu yaitu berapa pendapatan kamu dan berapa kebutuhan alias pengeluaran kamu. Melakukan pencatatan keuangan ini sangat penting, agar kamu mengetahui untuk apa saja uangmu dipakai.

Bagi milenial seperti kamu penting untuk mengetauipenggunaan uangmu setiap bulannya, hal ini untuk membiasakan diri agar kamutidak sembarangan dalam menggunakan uangmu, dan kamu terbiasa memiliki cadangandana untuk kebutuhan tidak terduga.

Nah agar kamu nanti tidak bokek, kamu harus bisa mengontrolkeuanganmu dari sekarang,  kamu bisamenggunakan tips keuangan di bawah ini agar kamu nggak boros dan bokek dikemudian hari.

1. Kamu Harus Mengetahui Kekayaan Bersih

Tips Keuangan Milenial yang pertama adalah kamu  harus mengetahui  apa saja sih kekayaan yang sudah kamu miliki saat ini. Hal ini untuk mengukur seberapa sih kemampuan keuangan kamu sebenarnya.

Nah untuk mengetahui kekayaan bersih caranya dengan menambahkan uang tunai, rekening pensiun, tabungan, rumah, mobil, investasi dan barang berharga lainnya. Jumlah jadi satu dan ketahui berapa nilainya jika berwujud uang saat ini.

Setelah mengetahui jumlah dalam bentuk nilai uang, selanjutnya kamu kurangi dengan utang dan kewajiban utang jangka panjang seperti kredit kendaraan, kredit rumah dan beban pengeluaran lainnya.

Apakah hasilnya positif alias tidak minus?  Jika hasilnya positif, maka kamu harus tetapmemastikan disiplin di dalam penggunaan kekayaan atau uang kamu. Jika hasilnyaminus alias negatif, maka kamu tidak perlu panik, kamu masih punya kesempatanuntuk merancang keuangan yang lebih baik agar di masa mendatang kamu tidakkesulitan keuangan.

Oleh sebab itu, kamu harus bekerja lebih ekstra untukmengurangi pengeluaran, mulai menabung lebih giat, dan mulai untuk memikirkancara melunasi hutang atau beban kewajiban yang ada.

2. Kamu Sebaiknya Membuat Catatan Anggaran

 Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa membuat catatan anggaran tidak penting, karena hanya berisi daftar anggaran semata. Eit  jangan salah, seperti telah disebutkan sebelumnya betapa pentingnya buat kamu milenial memiliki catatan keuanganmu sehingga kamu benar-benar memahami kondisi keuanganmu setiap bulannya.

Kenapa kamu sebaiknya membuat catatan anggaran? Karena  dengan adanya catatan anggaran kamu akan tetap fokus pada tujuan utama dalamrencana  keuanganmu di masa mendatang.

Tidak perlu membuat catatan anggaran yang ribet, buatsederhana saja, kamu hanya perlu mencatat penghasilan dan pengeluaran yang kamugunakan secara rutin. Setiap perubahan yang terjadi dari keuangan kamu, harusbenar-benar tercatat terlebih yang berhubungan dengan pengeluaran, anggaraninvestasi dan rencana menambah tabungan kamu.

3. Jangan Ikuti Gengsi Hiduplah Sesuai Kemampuan

Tips Keuangan Milenial selanjutnya adalah jangan ikuti gengsi. Gengsi sering kali akan menyulitkan kehidupanmu di kemudian hari, terlebih dalam hal keuangan. Agar kamu bisa hidup berkecukupan kamu harus tetap berpegangan pada catatan atau rencana anggaran yang telah kamu buat.

Kamu perlu memiliki catatan anggaran yang bisa kamu buat dibuku atau juga aplikasi smartphone yang dapat kamu instal dan dapatkan diplaystore dengan mudah.

Buat kamu yang memiliki kecenderungan boros anggaran, kamuharus memulai tegas kepada dirimu sendiri untuk bisa membatasi pengeluaranyang  tidak perlu. Nggak usah makan gengsikalau ujung-ujungnya bokek lagi bokek lagi.

Posting Komentar untuk "3 Tips Keuangan Milenial Biar Nggak Bokek Lagi"