Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tanaman Untuk Segarkan Suasana Rumah

10 Tanaman Untuk Segarkan Suasana Rumah

Suaramilenial.id Hai kamu, sudah tahukan kalau isu perubahan iklim kini bukan isapan jempol semata, dunia sedang menuju kondisi ‘tidak baik-baik saja’ oleh sebab ulah manusia. Perubahan iklim itu nyata adanya dan masih banyak di antara kita yang menganggap itu isu buatan semata. Padahal tiap hari kita juga yang sering mengeluh “kok sekarang makin panas saja ya?”

Melihat perubahan iklim ini, paling gampang yuk coba kita cek di jalan-jalan, bagaimana polusi yang dihasilkan dari kegiatan produksi dan kendaraan bermotor. Dan kamu tahu nggak, polusi akibat kendaraan bermotor ini membawa komponen kimiawi beracun yang dapat membahayakan tubuh.

Gimana si cara mengurangi polusi udara? Ya sejak kita SD dulu sudah diajarkan cara ampuhnya ya dengan menanam banyak pohon, tapi eh tapi, penebangan hutan kan kian menjadi-jadi, kalau di Indonesia nih malah tiap tahun kan kita selalu ada aja peristiwa kebakaran hutan, bencana kabut asap. Yah begitulah, alih-alih menjaga hutan dan memperbanyak pohon dan tumbuhan, eh kita lebih sering kecolongan para ‘penjahat’ yang bakar hutan.

Kenapa si sejak SD bahkan kita sudah dianjurkan nanem pohon sama guru kita ketika berbicara perihal oksigen misalnya? Karena menaman banyak pohon atau tumbuhan ini sangat bermanfaat lo, kenapa? Karena akan melakukan proses fotosintesis dan dalam proses tersebut tumbuhan mampu mengubah senyawa beracun, khususnya karbon dioksidan menjadi oksigen.

Dan kamu harus tahu dengan adanya peningkatan kadar oksigen di udara akan membawa banyak manfaat. Mulai dari menurunkan suhu udara dan memberikan udara yang memberi kebutuhan oksigen untuk dapat bernafas lebih lega. Nggak sesak lagi kaya pas ada polusi di jalan raya misalnya.

Nah buat kamu nih bisa banget memulai menaman pohon di daerah sekitar tempat tinggalmu, nggak harus pohon besar karena keterbatasan lahan kan ya? Kamu bisa menanam tumbuhan alternatif yang bisa melakukan fotosintesis dengan baik, tumbuhan ini bisa kamu tanam di dalam rumah dengan pot misalnya. Berikut rekomendasi daftarnya buat kamu.

1. Menanam Paku Pedang

Menanam Paku Pedang
frankgallo.com

Pernah dengar tumbuhan bernama Paku Pedang? Tanaman Paku Pedang ini masuk dalam daftar NASSA sebagai salah satu tumbuhan yang dapat menyingkirkan komponen berbahaya seperti asap rokok dan foprmaldehyde.

Nah buat kamu yang di antara penghuni rumah ada yang merokok, sangat dianjurkan nih untuk menanam Paku Pedang, dari bentuknya juga nggak kalah kok sebagai hiasan, jadi tumbuhan yang memiliki fungsi mempercantik ruangan dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

2. Menanam Lidah Buaya

Menanam Paku Pedang
glamour.com

Tentu kamu sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, selain kita kenal sebagai tanaman yang sangat bermanfaat dijadikan sampo, ternyata lidah buaya memiliki manfaat untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Jadi, sangat menarik untuk kamu menanam lidah buaya baik dihalaman rumah atau dalam pot untuk diletakkan di dalam ruangan, lidah buaya juga mempercantik ruangan lo, selain itu kamu bisa memanen lidah buaya yang kamu tanam untuk sampo dan juga merawat kulit kamu dari sengatan matahari.

3. Menanam Herbras

Bunga Herbras
ftd.com

Menurut NASSA Herbras adalah salah satu tanaman yang paling ampuh dalam  urusan menyingkirkan benzoldi udara. Seperti disampaikan Lung Intitute tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di kamar tidur karena memiliki kemampuan untuk membuat tidur kita lebih nyeyak.

Nah, kamu yang sulit tidur atau yang memiliki sindrom sleepapnea, ada baiknya mulai menanam Herbras dan letakkan di kamarmu, karena mampu membantu mengatasi sulit tidurmu menjadi tidur nyenyak.

Tapi kalau kamu sulit tidur karena sedang memiliki masalah dengan pasangan kamu, ya ada baiknya kamu baca berbagai artikel seputar hubungan hanya di: Hubungan Milenial

4. Menanam Dracaena

Bunga Dracaena
https://hortology.co.uk/

Sebagian besar dari kita sering menjumpai tanaman Dracaenaini, biasanya di perkantoran dan perumahan tanaman ini menjadi tanaman hiasyang keberadaannya selalu ada.

Menurut NASSA tanaman ini adalah tanaman nomor satu yang memiliki kemampuan untuk penyerapan komponen formadehyde. Tanaman Dracaena ini tumbuhnya lama, akan tetapi tidak terlalu rewel untuk dirawat.

Nggak seperti doi yang sering cuek dan ngambekan loh.. Hehe. Eits kalau kamu sama doi lagi ada masalah, coba deh baca artikel ini: meningkatkan kualitas komunikasi dengan pasangan.

5. Menaman Azalea

Bagi kamu yang menginginkan hiasan ruangan cantik namun juga memberi manfaat lebih, Azalea ini adalah tanaman yang menjadi jawaban kebutuhanmu.

Azalea selain cantik juga memiliki kemampuan untuk menyerap formaldehyde yang biasanya terdapat pada antiseptik dan obat-obatan kimiawi laboratorium. Azalea ini sangat berguna untuk memberikan kesegaran ruanganmu.

6. Menanam Lidah Mertua

Kata orang si Lidah Mertua Galak, Eh nggak kali ya, ini kan Lidah Mertua tanaman hehe. Lidah Mertua atau Sanseviera memiliki kemampuan  untuk menghisap karbon dioksida dan mampumengubah menjadi oksigen.

Boleh banget kamu menaman Lidah Mertua untuk diletakkan dipojok ruangan sebagai hiasan. Selain itu Lidah Mertua juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan xylence, toluene, dan trichloroethylene di udara.

Ngomong-ngomong perihal hubungan rumah tangga dan mertua, ada baiknya kamu kunjungi salah satu blog yang ngebahas tentang rumah tangga berikut ini: menjadiayah.com

7. Menanam Peace Lily

Bunga Peace Lily
ramsgatefloral.com

Peace Lily memiliki kemampuan untuk memecah senyawa karbonmonoksida, formaldehyde dan benzol. Kemampuan Peace Lily ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan udara  segar dan sehat di ruangan atau rumah kita.

Namun bagi kamu yang ingin menanam Peace Lily di dalam ruangan yang mana juga dijadikan hiasan, kamu harus memastikan tanaman ini mendapat asupan cahaya matahari yang cukup, jadi jangan di letakkan di ruangan tanpa sinar cahaya mata hari ya.

8. Menanam English Ivy

English Ivy adalah tanaman menjalar yang dapat ditanam didalam pot dan juga bisa dijadikan hiasan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk memurnikan udara di dalam ruangan dan memiliki kemampuan menyerap jamur yang ada di udara.

Nah buat kamu yang memiliki ruangan lembap, kamu dapat memanfaatkan tanaman ini  selain akan membuat ruanganmu segar juga akan menjadikan ruanganmu tidak lembap.

9. Menaman Sirih Gading

Menaman Sirih Gading
ftd.com

Sirih Gading adalah tanaman merambat yang paling umum kitatemukan sebagai tanaman hias di dalam rumah. Sirih Gading ini menjadi  primadona karena mudah ditanam dan tidak gampang mati, selain itu bentuknya juga cantik sebagai tanaman hias.

Nah buat kamu yang masih awam dalam bercocok tanam, kamu bisa memulai menanam Sirih Gading sebagai tumbuhan di dalam rumah. Sebelum nantinya, kamu menanam tanaman yanglain.

10. Menanam Lucky Bambo

Menanam Lucky Bambo
https://res.cloudinary.com/

Lucky Bambo banyak ditanam dan dijadikan hiasan di ruangtamu. Selain juga dianggap tanaman yang memberikan keberuntungan. Lucky Bamboini mudah dalam menanamnya, bahkan kamu tidak memerlukan tanah, kamu bisa menggunakan air sebagai media tanam.

Nah  bagi kamu yangingin menanam Lucky Bambo menggunakan media air, kamu harus rajin mengganti air setiap 7 hingga 10 hari sekali.

Demikian 10 tumbuhan atau tanaman hias yang  bisa kamu jadikan hiasan ruangan dan sekaligus dapat membantu membersihkan udara di ruanganmu. Sebagai tanaman hiastentu akan memberikan kesan berbeda di ruangan, dan juga akan menambah segarudara di ruangan.

Dari 10 tanaman hias di dalam ruangan tersebut,  mana nih yang sudah kamu miliki? Terus manayang akan kamu jadikan list untuk di tanam nanti? Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "10 Tanaman Untuk Segarkan Suasana Rumah"