Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Kualitas Komunikasi Suami Istri

Meningkatkan Kualitas Komunikasi Suami Istri

Bagaimana cara meningkatkan kualitas komunikasi suami istri? Sosial media yang menjadi salah satu sarana berkomunikasi ternyata tidak serta merta memberikan kualitas untuk komunikasi suami istri. Namun, tidak sedikit suami istri yang sering berkomunikasi melalui media sosial. Hal itu bisa berdampak negatif apabila model komunikasi itu terekspose atau terbaca oleh pihak lain.

Terlebih lagi apabila komunikasi suami istri terjadi tidak langsung di sosial media. Tidak sedikit pasangan yang saling mengunggah foto, video, atau status sebagai media komunikasi tidak langsung. Terkadang mereka juga saling berkomunikasi tidak langsung melalui ungguhan yang ada di sosial media mereka. Model komunikasi seperti meskipun dengan kuantitas yang banyak tetapi kurang berkualitas.

Meningkatkan kualitas komunikasi suami istri adalah upaya menjaga keharmonisan pernikahan dan rumah tangga bukan sekadar kuantitas. Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa efektifitas dan kualitas adalah kunci penting dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, komunikasi suami istri itu sebaiknya tidak dilakukan di sosial media. Selain untuk menjaga privasi dalam hubungan rumah tangga, komunikasi suami istri di sosial media dapat menimbulkan perasaan kurang nyaman bagi pengguna sosial media lainnya.

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kualitas Komunikasi Suami Istri Agar Tetap Harmonis

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh suami dan istri untuk meningkatkan keharmonisan pernikahan melalui komunikasi yang efektif dan berkualitas. Bagaimana meningkatkan kualitas komunikasi suami istri? Beberapa cara ini mungkin dapat membantu para pasutri dalam mempererat hubungan pernikahan mereka sekaligus untuk mengajarkan anak cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Sempatkan Berbincang Sebelum Berangkat Bekerja

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh suami dan istri dalam meningkatkan keharmonisan dalam keluarga bisa dilakukan dengan cara komunikasi di pagi hari. Suami bisa menanyakan hal-hal sepele seperti apa kegiatan yang akan dilakukan hari ini atau kapan istri pulang bekerja. Apabila istri sebagai ibu rumah tangga, memberikan penawaran untuk oleh-oleh bisa menjadi cara yang ampuh untuk merekatkan hubungan.

Sempatkanlah Menelpon di Jam Makan Siang

Sebagai seorang pekerja, jam makan siang pastilah yang ditunggu. Saat istirahat kantor untuk makan siang dan beribadah, menyempatkan menelpon pasangan bisa menjadi cara ampuh untuk merekatkan hubungan. Bisa menanyakan hal-hal sepele seperti menu makan apa yang dimakan siang ini atau sekadar mengucapkan selamat makan siang. Cara ini mungkin terkesan sepele tapi ampuh untuk meningkatkan hubungan dalam pernikahan.

Meningkatkan Kualitas Komunikasi Suami Istri Dengan Berkirim Foto atau Video

Sosial media sebagai sarana komunikasi canggih bisa membantu pasangan dalam meningkatkan intensitas dan kualitas komunikasi. Saling berkirim pesan melalui foto dan video dapat membantu pasangan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman. Mengirim foto menu makanan bisa menjadi cara sederhana untuk membuka komunikasi yang berkualitas.

Menanyakan Waku Pulang Keja

Menanyakan waktu pulang kerja atau memberitahu jam pulang menjadi cara ampuh untuk pasangan saling menghargai waktu satu sama lain. Dengan menanyakan waktu pulang, pasangan suami istri dapat memperkirakan apa yang biasanya dilakukan di jam-jam pulang tersebut. Misalnya menyiapkan makan malam atau memberikannya oleh-oleh untuk makan malam.

Meningkatkan Kualitas Komunikasi Suami Istri Dengan Obrolan di Kasur

Berbincang-bincang sebelum tidur menjadi cara paling sederhana dan ampuh. Pasangan suami istri bisa melalukan hal ini setiap malam sebelum semuanya terlelap. Obrolan seputar kejadian yang menyenangkan di kantor atau permasalahan yang ada di kantor bisa meningkatkan engagement antara suami dan istri.

Parenting Milenial adalah rubrik khusus membahas seputar parenting dan keluarga milenial, kerja sama suaramilenia.id bersama imaos.id. Bagi kamu yang memiliki pengalaman seputar parenting dan keluarga milenial, boleh banget kirim pengalaman kamu ke sapasuaramilenial@gmail.com

Posting Komentar untuk "Meningkatkan Kualitas Komunikasi Suami Istri"